Pages

Jumat, 11 Mei 2012

CARA MEMBUAT TUMBUHAN DENGAN 3D MAX

“CARA MEMBUAT TUMBUHAN DENGAN 3D MAX”. Nah sebenarnya 3D Max pun juga telah memiliki tumbuhan sendiri yaitu Foilage, perlu diketahui tumbuhan bawakan dari 3D Max itu sangat berat sekali dan bisa membuat komputer anda bekerjanya menjadi lama dan bahkan dapat memakan waktu render bermenit-menit bahkan berjam-jam. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips agar anda tidak terlalu lama merender hasil project anda, yaitu dengan membuat tumbuhan sendiri.
Ok. Untuk lebih jelasnya langsung saja ke TKP.
1. Anda jalankan aplikasi 3D Max

clip_image002
2. Langkah selanjutnya yaitu anda klik plane
clip_image004
3. Nah jika anda sudah mengklik plane, maka anda gambarkan plane di viewport front, ukurannya yaitu sebagai berikut :
Length : 100
Width : 70
Length Segs : 1
Width Segs : 1
clip_image006
4. Langkah selanjutnya yaitu anda tekan dikeyboard huruf M ( gunanya untuk membuka jendela Material Editor ).
clip_image008
5. Selanjutnya yaitu anda scroll material editornya kebawah, hingga anda menemukan tulisan MAPS. Nah pada parameter MAPS anda klik tulisan None yang ada dibagian Diffuse Color, kemudian nanti akan muncul jendela Material/Map Browser, nah pada bagian ini anda double klik tulisan Bitmap.
clip_image010
6. Setelah itu pilih gambar pohonnya yang berwarna.
clip_image012
7. Selanjutnya yaitu masih dalam parameter MAPS. Nah pada parameter MAPS anda klik tulisan None yang ada dibagian Opacity, kemudian nanti akan muncul jendela Material/Map Browser, nah pada bagian ini anda double klik tulisan Bitmap.
clip_image014
8. Setelah itu anda pilih gambar pohon yang berwarna hitam dan putih ( berguna untuk mengambil bagian pohon saja).
clip_image016
9. Nah jika sudah siap mengatur gambarnya.. maka langkah selanjutnya anda drag bola material yang sudah ada gambar pohonnya ke Plane yang kita buat tadi.
clip_image018
10. Nah objek plane masih dalam keadaan terpilih. Pada bagian ini anda klik di toolbar tool Select and Rotate
clip_image020
11. Setelah itu anda aktif di viewport TOP, kemudian anda tekan dikeyboard tombol shift sekalian anda putar objeknya . jika sudah pas maka nanti akan muncul jendela clone options, nah pada bagian ini anda klik tulisan Instance
clip_image022
12. Untuk memastikan apakah, plane yang kita copy tadi sudah tepat bergeser 90 derajat atau tidak, nah pada bagian ini anda ketikan 90 pada sumbu Z
clip_image024
13. Nah jika plane sudah saling menyilang, maka langkah selanjutnya anda tekan dikeyboard huruf M ( memanggil jendela Material Editor). Nah pada bagian ini anda klik bola material yang berisikan pohon, kemudian anda ceklist tulisan 2-sided ( agar waktu dirender kedua-dua sisi plane dapat menampilkan material pohon).

clip_image026
14. Kemudian anda group kedua objek planenya, kemudian anda perbanyak objeknya, sehingga nanti akan seperti berikut ini:

clip_image028
ANDA DAPAT MENDOWNLOAD GAMBAR POHONNYA  DI SINI
Ok. Sekian tutorial dari saya
Semoga bermanfaat untuk anda semua.


0 komentar:

Posting Komentar